e-encyclopedia

>> Rabu, 06 Mei 2009

e-encyclopedia
DK Publishing, Inc, New York 2003


Teknologi informasi bukanlah dewa yang bisa memecahkan semua persoalan pendidikan. Ketersediaan akses internet dan kemajuan multi media, misalnya, tidak otomatis meningkatkan kualitas pendidikan bila para penggunanya tidak paham bagaimana menggunakan teknologi informasi untuk pendidikan. Buku ensiklopedi anak-anak E-Encyclopedia yang diterbitkan DK ini akan sangat membantu baik guru, orangtua murid, maupun anak menggunakan internet untuk belajar.
E-Encyclopedia berbeda dengan buku ensiklopedia ataupun ensiklopedi online yang konvensional. Kelebihan buku ini adalah gagasan untuk mengintegrasikan buku cetak atau buku elektronik dengan internet. DK merupakan penerbit yang memiliki reputasi internasional dalam penerbitan ensiklopedi. Sama seperti ensiklopedi anak-anak yang diterbitkan DK lainnya, buku ini dipenuhi gambar-gambar menarik disertai fakta mendasar tentang topik-topik yang dibahas. Keunggulan dari buku ini, selain bisa mendapatkan informasi dasar tentang topik yang dibahas, anak juga bisa mencari informasi yang berlimpah-limpah melalui internet. Pada setiap topik yang dibahas, anak bisa menemukan kata kunci yang bisa dipergunakan untuk menjelajah lebih jauh di dunia maya.
Caranya sangat mudah. Untuk keperluan ini, DK dan google bekerja sama membangun web http://www.dke.encyc.com. Bila anak tertarik untuk mencari informasi lebih lanjut, ia tinggal masuk ke situs tersebut dan memasukkan kata kunci yang ditemukan pada halaman topik yang ia baca. Di sana anak langsung terkoneksi dengan situs-situs, sebagian di antaranya adalah situs yang didesain khusus untuk anak-anak. Koneksi tersebut biasanya terdiri dari animasi, video, kuis interaktif, perkembangan menurut waktu, dan penjalajahan virtual. Anak bisa men-download gambar-gambar yang disediakan.
Ensiklopedi ini terdiri dari 446 topik bahasan. Ada delapan tema utama yang dibahas dalam ensiklopedi ini, yakni angkasa luar, bumi, alam, tubuh manusia, sains dan teknologi, manusia dan tempat, masyarakat dan kepercayaan, seni dan pertunjukan, serta sejarah. Setiap topik dibahas dalam satu halaman, dilengkapi dengan gambar-gambar yang sangat menarik.
Ensiklopedi ini bisa dipergunakan untuk belajar apa saja: bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, ataupun berkomunikasi. Buku ini sekaligus mengajarkan kita bahwa anak bisa belajar tanpa terkotak-kotak secara rigid dalam mata pelajaran. Buku ini juga memungkinkan orangtua atau guru mengajak anak belajar bertolak dari hal yang paling diminati anak. Bila dipergunakan untuk keperluan kelas atau kelompok belajar, bisa ditentukan berdasarkan keinginan bagian terbesar anak. Edisi elektronik buku ini jauh lebih menarik daripada edisi cetaknya. Edisi elektronik bisa ditembakkan melalui proyektor atau dihubungkan ke telivisi sehingga memungkinan anak membaca bersama-sama atau bergantian.
Sayangnya memang buku dan situs-situsnya berbahasa Inggris. Karena itu buku ini baru bisa dipergunakan untuk anak yang mulai paham membaca teks dalam bahasa Inggris. Bila anak sudah diajari mengenal teks berbahasa Inggris sejak awal, buku ini sudah bisa dipergunakan untuk kelas empat SD ke atas. Guru atau pendamping bisa membantu membimbing anak memahami bacaan.
Setelah membaca teks, guru atau orangtua bisa meminta anak mempresentasikan apa yang telah dibaca atau dipelajarinya. Untuk anak-anak kelas awal, presentasi bisa dilakukan sekedar dengan menceritakan kembali topik yang dibahas. Akan tetapi untuk tingkat SMP, anak bisa diminta melakukan presentasi dengan alat peraga atau powerpoint.
Buku ini sangat menarik untuk dipergunakan di kelas ataupun untuk anak-anak yang belajar sendiri di rumah.

0 komentar:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Digi-digi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP